Daftar Blog Saya

Rabu, 15 Juni 2011

SLTP Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah

Didirikan
Kalirejo
Lokasi
Tentang
Sekolah ini adalah kebanggaan tersendiri dan merupakan sekolah terfavorit di Kec. Kalirejo, Kab. Lampung Tengah
Keterangan
SLTP Negeri 1 Kalirejo merupakan integrassi dari SMEP Kalirejo menjadi SLTP Negeri 1 Kalirejo dan diresmikan pada tahun 1980 dengan nama SMP Negeri Kalirejo dengan nomor statistik sekolah :20211202221013. SLTP ini didirikan di atas tanah seluas + 10.000 M2 , terletak di Jalan Ki Hajar Dewantoro No. 1,Desa Kaliwungu, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah.
Sejarah singkat dan kondisi awal SLTP Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah.

Kondisi SLTPN 1 Kalirejo Tahun 1979 – 1980
SMP Negeri Kalirejo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendiddikan dan dan Kebudayaan dengan nomor 0188/O/1978 tanggal 1 April 1979, tentang berdirinya SMP Negeri Kalirejo yang gedungnya berlokasi di desa Kaliwungu, Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah.

SMP Negeri Kalirejo baru menerima siswa baru pada tahun pelajaran 1979/1980 dan untuk Kepala Sekolah untuk sementara dijabat oleh Bapak Djamhari BA Kepala SLTP Negeri 1 Pringsewu.

Kurikulum SLTP Negeri 1 Kalirejo
Kurikulum SLTP Negeri 1 Kalirejo meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam jenjang pendidikan selama 3 tahun mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Kurikulum SLTP Negeri 1 Kalirejo memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. 10 mata pelajaran tersebut meliputi: Pendidikan agama, PPKn, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni budaya, Penjaskes, TIK. Sedangkan muatan lokal adalah Bahasa lampung dan Tapis.

Kurikulum SLTP Negeri 1 Kalirejo disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk:
1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Belajar untuk memahami dan menghayati
3. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain
5. Belajar untuk membangun dan menemukan jari diri melalaui proses belajar efektif, kreatif , efektif dan menyenangkan

KTSP SLTP Negeri 1 Kalirejo mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar isi dan standar kelulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. selain itu kurikulum SLTP Negeri 1 Kalirejo dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan diri di SLTP Negeri 1 Kalirejo merupakan Kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari Sabtu setiap 2 jam pelajaran. Setiap siswa diwajibkan memilih jenis pengembangan diri yang mereka senangi dan sesuai dengan apa yang mereka minati, setiap pengembangan diri didampingi oleh seorang guru mata pelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Jenis pengembangan diri yang dapat dipilih antara lain:
1. MATEMATIKA
2. BAHASA INGGRIS
4. BAHASA INDONESIA
5. FISIKA
6. BIOLOGI
7. OLAHRAGA
8. KARYA ILMIAH BELAJAR
9. SENI MUSIK
10.SENI TARI
11. SULAMAN TAPIS

KEGIATAN EKSTRAKULIKULER
Kegiatan Extrakulikuler di SLTP Negeri 1 Kalirejo merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah kegiatan jam belajar mengajar. kegiatan ini dilaksanakan setiap pulang dari sekolah mulai dari jam 14.00 s.d 16.30. dengan tujuan mengembangakan bakat siswa yang sesuai dengan bakatnya. SLTP Negeri 1 Kalirejo telah banyak mendapatkan prestasi dari Tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten bahkan Provinsi, kegiatan Ektrakulikuler antara lain:
1. Pramuka
2. Palang Merah Remaja
3. Dramband
4. Seni Bela Diri
5. Rohis
7. Seni Tari

(baca lebih sedikit)
Misi
1) Melaksanakan kegiatan pembelajaaraan untuk meningkatkan NUAN dari 6,14 menjadi 6,50.
2) Melaksanakaan kegiatan pelatihan dalam peningkatan prestasi sepak bola finalis kabupaten.
3) Melaksanakan kegiatan pelatihan untuk membentuk tim paduan suara finalis kabupaten.
4) Melaksanakan kegiatan pembinaan dalam membaca bacaan sholat dengan benar dari 70 % menjadi 90%.
5) Melaksanakan pelatihan dalam mengoperasikan komputer program MS. Word, Exel dan Power Point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar